Selamat datang temans, silahkan pilih menu yang kalian sukai, jangan lupa baca Bismillah ya ^_^

m0del keluarga yang diidamkan

Saudaraku, apa kabar keluargamu? apa prestasi yang sudah qt ciptakan untuk mencetak sejarah? bahagiakah qt? bagaimana qt meraih bahagia bila di dalam rumah qt yang ada adalah bara neraka? bagaimana rumah qt bisa menghasilkan karya bila angg0tanya adalah "patung bisu" tanpa makna, makhluk hidup tanpa jiwa karena nilai kebahagiaanya telah tercerabut darinya? mari qt sama~sama menganalisis, seperti apa m0del keluarga qt? dan seperti apa m0del keluarga yang harus qt idam2kan dan upayakan? menurut S0likhin Abu Izzudin, dalam bukunya the great p0wer 0f m0ther, paling tidak ada 6 m0del keluarga, dan 1 diantaranya adalah m0del keluarga yang harus qt upayakan ada dikeluarga qt. 


Yang pertama, ada keluarga m0del pasar yang mengedepankan "p0k0knya" kaku dan saklek. kayak zaman batu. n0 t0lerant am0ng members 0f family, 0uh betapa kaku dan tersiksanya.

Yang kedua, ada m0del keluarga yang dingin kayak kuburan, sepi tak berpenghuni, seperti 0rang2 mati, datang tak diundang, pulang tak diantar. ngeri. semua sibuk dengan aktifitasnya masing2 sampai2 untuk sekedar bertegur sapa saja tak bisa. what??? emang ada ya, keluarga tanpa interaksi dan k0munikasi?? serasa hidup di antartika di segitiga bermuda (hahay kyk lagunya gita gutawa, yg kata beberapa tmenku bilang kalau suaraku se0ke suara gita, haha fitnah).

Yang ketiga, ada m0del keluarga rumah sakit dan 0rang2 nya berpenyakit, karena setiap individunya merasa paling berjasa dan perlu dikasihani. kasihan. jadi semuanya menagih simpati tanpa mw berbagi simpati. kalau untuk sesekali saja b0lehlah, tapi untuk selamanya 0uh mana bisa. bukankah adanya take and give itu lebih menyenangkan ketimbang "take" aja at0 "give" aja.

Yang keempat, ada keluarga m0del h0tel dan l0smen, sekadar tempat makan dan tidur saja. hambar. seperti hidup didunia laen.

Yang kelima, ini standar m0del berkeluarga yang minimal. yah dari pada memiliki 4 m0del keluarga diatas, minimal qt memiliki keluarga m0del sek0lah karena adanya saling asah, asih, dan asuh. saling mengingatkan bila lupa, saling mengajarkan bila tidak tahu. Alhamdulillah.

Yang terakhir, adalah keluarga m0del masjid. masjid sebagai pr0fil peribadahan dan sh0lat yang menghidupkan ruh kehidupan. ada wudhu sebagai cermin kebersihan niat dan ketulusan. ada imam,makmum dalm kepemimpinan. ada takbir sebagai pengagungan nilai ilahiyah. ada sh0lat jamaah bukti kebersamaan dan kek0mpakan. ada rukuk dalam ketundukan. ada sujud dalam kepasrahan t0tal penghambaan. ada at~taahiyat yang saling mend0akan. ada salam penebar kedamaian. Subhanall0h walhamdulillah. indah nian memiliki m0del keluarga seperti ini. seperti penggalan nasyidnya (g tw siapa munsyidnya) "aqidah dibawa, islam dilaksana, dzuriyyat terbina penentram jiwa". 

Saudaraku, mari qt evaluasi, m0del keluarga seperti apakah yang ada pada keluarga qt? dan mari sama2 qt upayakan untuk menggapai m0del keluarga yg ideal yang penuh berkah di dalamnya, tidak hanya nilai2 s0sial kemanusiaan yang kental tapi nilai ilahiyah yang tetap dijunjung tinggi. inginku, bila suatu saat nanti dikaruniakan keluarga kecilku, sem0ga aq bisa menerapkan m0del keluarga masjid di dalamnya. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi siapapun yang mau berdiskusi, silahkan berikan kometar...