Selamat datang temans, silahkan pilih menu yang kalian sukai, jangan lupa baca Bismillah ya ^_^

buat paspor itu mudah dan cukup murah koq!!!

Ga percaya ma judul di atas??? coba aja buat sendiri. ya walaupun belum ada rencana pasti mw ke LN, iseng-iseng buat juga ga papa koq. siapa tau setelah buat ada rizki buta bisa ke LN. apalagi kalo gratisaannnn ya?? MAU BANGET!!! hehe.. dasar maunya yang gratisaan. yaeyalah namanya mahasiswa, penghasilan belum punya, nah yang gratis-gratis ini memang sangat diminati.
okelah jadi kebanyakan prolog ya. jadi gini blogger, cara buat paspor itu mudah asal semua persyaratannya udah lengkap semuanya. pengen tau apa syaratnya, ini dy:
1. KTP ASLI & POTOCOPY
2. KARTU KELUARGA ASLI & POTOKOPY

3. TANDA PENGENAL LAINNYA, seperti (IJAZAH ERAKHIR, AKTE KELAHIRAN
(jangan punya tetangga ya), ya kalo masih mahasiswa bisa tunjukkin kartu mahasiswanya, PUNYA KHAN??? apa kata dunia kalau mahasiswa ga punya KARMAS. pasti ini belum registrasi?? hehe..

kayaknya cukup itu aja deh. nah pas dateng ke kantor imigrasi, ga usah tengsin dikira TKW (padahal IYA, hehe.. lha emangnya kenapa kalo emang mw jadi TKW?? kan ga semua TKW kerjanya PRT, hehe.. jadi ngelantur). karena biasanya para TKW yang urusin paspor itu dari agennya, mereke tingga duduk manis aja ga kayak aku (dateng sendiri muter-muter sendiri) dan biasanya saat mereka ada disana memakai pakaian seragam dari perusahaannya. nah kalau kalian kan engga khan?? hehe..
baik kita lanjutkan, setelah berkas-berkas sudah dipersiapkan semuanya. yang pertama kalian tuju adalah loket informasi, jangan langsung ke kasir, emang mau bayar apa neng?? hehe.. jadi tanyakan dulu sebelum tersesat. setelah itu kalian disuruh cek kelengkapan berkas, kemudian diberi formulir yang harus diisi, trus juga disuruh beli amplop kuning. klu aku siy belinya dibelakang (kayak koperasinya kantor imigrasi). harganya Rp. 5000 (ga papa deh, padahal kayak amplop biasa sih cuma ada label imigrasi aja).
setelah formulir diisi lengkap, (catatan: ada keterangan paspor 24 atau 48 halaman, itu ga usah bingung, ga usah diisi ajah biarin petugasnya yang ngisi sendiri karena ada catatan tersendiri buat TKW) kemudian masukan semua berkas yang disebutkan tadi dan dikumpulkan ke loket informasi lagi. nah setelah itu akan dicek dengan petugas sambil ditanya-tanya dikitlah buat basa-basi, seperti "mau ngapain siy ke LN?", "negara mana?", "berapa lama?" dan sebagainya yang masih berkaitan dengan kepentingan imigrasi. tapi kalau sudah ngelantur, misal nanya "udah punya pacar blom?" ato "hotline nya donk?" itu ga usah dijawab, itu recepsionistnya BAWEL. ok kita lanjutkan, setelah lengkap kalian akan diberi cek tanda terima dan biasanya diberi tau hari apa kalian harus dateng lagi untuk poto dan wawancara.
kalau aku, pertama buat hari kamis, kemudian disuruh dateng lagi hari senin untuk wawancara dan poto. nah pas poto ga boleh diwakilin loh, ntar berabe urusannya. sebelum poto, kita disuruh membayar biaya pembuatan paspor, yaitu sebesar Rp. 270.000,-. (cukup murahlah, kalau dibandingin cerita orang-orang kalau buat paspor sampe jutaan, HADOHH PLISS DEEHHH... itu udah peraturanyya, dimana-mana juga harganya segitu, gak ada yang namanya biaya ini-itu). Oya lanjyt ya ke hari sesi berikutnya, pas mw poto kalian harus senyum ya biar enak diliat potonya. pokoknya pas udah sampe tempat pemotoaan, kalian harus senyuuum aza karena ga dikasih tau kapan dipotonya dan juga pas sesi ini sambil ditaya-tanya untuk meyakinkan apakah pemilik data itu adalah kita atau bukan. parahnya, teman yang poto bareng, hasilnya potonya agak melompong dan petugasnya ga nyuruh untuk diperbaiki lagi, yaudahlah diterima aja. pun demikian denganku, untungnya siy ga ampe melompong, hanya kagak ada manis-manisnya (aslinya kan manis,hehe..), keliatan tegang karena diambil sambil wawancara. huuh... nyebelin.
setelah selesai poto, langsung ke sesi wawancara, tenang aja ga usah takut, wong cuma ditanyakan mengenai data diri kita. makanya yang jujur ya, jangan yang ditulis data diri tetangga. wakakak...
setelah selesai poto dan wawancara, akhirnya aku diberitau bahwa dua hari berikutnya paspor bisa diambil. dan akhirnya dua hari berikutnya aku ke kantor imigrasi lagi untuk mengambil paspor. JADI DEEEHHHH..... ALHAMDULILLAH.

oya, ini pasporku sudah jadi


DOAKAN PERJALANANKU NANTI LANCAR SAMPAI AKU KEMBALI KE INDONESIA DAN BISA PERFORM YANG TERBAIK DISANA (RAHASIA YA MAU KEMANA, HEHE...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi siapapun yang mau berdiskusi, silahkan berikan kometar...