Selamat datang temans, silahkan pilih menu yang kalian sukai, jangan lupa baca Bismillah ya ^_^

Pemanfaatan File Hosting dalam pengelolaan Arsip pribadi

Pendahuluan
Dewasa ini informasi memiliki peranan yang sangat penting tidak hanya bagi organisasi, baik organisasi swasta ataupun negeri namun juga penting untuk setiap individu atau perorangan. Semua aktivitas organisasi atau perorangan pada dasarnya berdasarkan atau membutuhkan informasi. Informasi menjadi suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan berogranisasi ataupun perorangan untuk mendukung proses kerja dan pelaksanaan fungsi – fungsi manajemen dari birokrasi di dalamnya untuk menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang berkembang dengan cepat. Oleh karena itu informasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan berorganiosasi ataupun perorangan.
Sadar akan pentingnya arsip harus dimulai dari setiap individu. Setiap individu pasti memiliki arsip pribadi yang penting yang suatu waktu akan dibutuhkan untuk kebutuhan tertentu. Oleh karena itu dalam kaya tulis ini akan membahas mengenai pemanfaatna file hosting dalam penglolaan arsip pribadi untuk membangun kesadaran pentingnya arsip bagi setiap individu.

Arsip dan Kegunaannya
Secara etimologis arsip berasal dari bahasa Yunani Kuno ”Archium” yang artinya tempat untuk menyimpan. Sering pula kata tersebut ditulis “Archeon” yang berarti balai kota (Tempat untuk menyimpan dokumen ) tentang masalah penelitian.
Menurut Undang – undang No. 7 Tahun 1971 Arsip adalah :
Naskah–naskah yang dibuat dan diterima oleh lembaga–lembaga dan bahan– bahan pemerintah dalam bentuk apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun kelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintah.
Naskah–naskah yang dibuat dan diterima oleh lembaga–lembaga dan bahan– bahan swasta atau kelompok dalam rangka pelaksanaan kehidupan kebangsaan.
Arsip adalah segala kertas naskah, buku, film, microfilm, rekaman, suara, gambar dan peta, bagan atau asli dokumen yang lain dalam segala cara penciptaan dan yang dihasilkan atau diterima oleh suatu badan sebagai bukti atas tujuan organisasi, fungsi, kebijaksanaan, keputusan, prosedur pekerjaan atau kegiatan pemerintah yang lain atau karena pentingnya informasi yang terkandung didalamnya (Wursanto, 1991: 18).
Dari uraian di atas dapat disimpulkan arsip adalah kumpulan atau sekelompok surat atau warkat yang disimpan secara sistematis dan mempunyai kegunaan agar setiap diperlukan dapat ditemukan dengan cepat dan tepat. Ingatan orang terbatas tidak akan mampu mengingat semua kejadiankejadian yang terjadi dalam suatu instansi. Oleh karena itu arsip merupakan suatu tempat penyimpanan bahan-bahan yang aman, dan arsip dapat dianggap sabagai ingatan tentang kegiatan-kegiatan yang telah berlangsung dan tempat untuk mencari berbagai keterangan yang diperlukan bagi tindakan atau keputusan yang akan datang dalam suatu instansi.
Adapun kegunaan arsip yang kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis dan mempunyai adalah sebagai sumber informasi dan dokumen. Sumber informasi arsip dapat mengingatkan dan membantu pimpinan membuat keputusan secara cepat, sebagai sumber dokumen dapat dipakai sebagai bahan bukti dan dapat memperlancar pekerjaan, serta alat pengembangan organisasi.
Menurut Sularso mulyono dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Kearsipan” arsip mempunyai empat guna yaitu :
Arsip sebagai sumber informasi, contohnya adalah surat undangan untuk menghadiri rapat (pertemuan) ini merupakan arsip yang mempunyai kegunaan sebagai sumber informasi, informasi yang tersirat dalam arsip tersebut adalah kapan, jam berapa dan dimana pertemuan itu diadakan
Arsip sebagai sumber yuridis, contohnya adalah surat perjanjian jual beli secara yuridis warkat tesebut mengandung hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh yang bersangkutan.
Arsip sebagai sumber sejarah, contohnya berita acara serah terima jabatan suatu organisasi warkat ini mempunyai guna sejarah bagi organisasi yang bersangkutan
Arsip sebagai sumber ilmu pengetahuan, contohnya adalah laporan penelitian seorang ilmuan. Warkat ini mempunyai guna ilmiah (guna ilmu pengetahuan) selain guna informasi.
Suatu arsip mungkin mempunyai guna informasi saja atau dapat pula suatu arsip mempunyai guna informasi, yuridis atau guna lain. Jadi suatu arsip dapat hanya mempunyai satu macam kegunaan dan dapat pula mempunyai lebih dari satu macam kegunaan. Berbagai kegunaan arsip sangat terkait dengan seberapa lama akan disimpan, tetapi suatu periode arsip perlu disusutkan. Arsip perlu disimpan terus dan sebagian besar perlu dihapus dari tempat penyimpanannya (Mulyono, 2003: 6-7).
Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Arsip berbasis Digital
Arsip pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam dua bagian besar, jenis pertama adalah arsip yang berbasiskan kertas atau arsip konvensional. Arsip konvensional terdiri dari arsip tekstual yaitu arsip yang berbasiskan kertas yang uraian infromasinya berbentuk kertas, arsip foto yaitu arsip yang berbasiskan kertas yang isinya berupa informasi citra diam (still visual0 seperti foto, gambar, slide, dan poster, terakhir adalah arsip kartogrfai yaitu arsip yang berbasiskan kertas yang informasinya tertulis dalam bentuk grafik atau foto metrik, termasuk didalamnya antara lain peta, desain bangun mesin, desain bangun pesawat, bagan, dan sejenisnya.
Arsip jnis kdua adalah arsip yang brbasikan non krtas disebut juga arsip media baru yaitu arsip yang brisikan informasi direkam dalam bentuk elektronik yang menggunakan pralatan khusus, speerti arsip baca mesin dan arsip pandang dengar yang terdiri dari arsip rekaman suara yaitu arsip yang brbasiskan non kertas yang isi informasinya trekam dalam sinyal suara dengan mempergunakan system perekam tertntu, arsip video yaitu arsip yang berbasiskan non kertas yang isi informasinya berupa citra bergerak (moving images) terekam dalam rangkaian gambar fotografik dan suara pada pita magnetic yang pnd\ciptanya mnggunakan media teknologi elktroni, terakhir arsip elktronik yaitu arsip yang berbasiskan non kertas yang informasinya berupa apa saja yang dengan pnciptaannnya dengan menggunakan mdia teknologi informasi khususnya computer.
Pengertian arsip elektronik menurut NARA (National Archives and Record Administration) adalah arsip-arsip yang disimpan dan diolah di dalam suatu format dimana hanya mesin komputer yang akan memprosesnya. Sedangkan menurut Australian Archives, arsip elektronik adalah arsip yang dicipta dan dipelihara sebagai bukti dari transaksi, aktifitas, dan fungsi lembaga atau individu yang ditansfer dan diolah di dalam dan di antara sistem komputer. Dengan format digital, arsip dapat diakses dimanapun dan kapanpun secara online. Sebagai contoh, kita dapat mengakses informasi dari NARA tentang deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat, foto-foto perang dunia ke II, arsip militer Amerika, pendidikan, penelitian di Amerika, dan lain-lain. Dengan arsip digital informasi dapat diakses tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Pemanfaatan File Hosting
File hosting adalah penyedia ruang simpan file online yang merupakan layanan hosting intrnet yang disdain secara khusus untuk mng – host – kan konten – kontn yang berukuran besar seperti foto, video, music, software, dokumen, dan lain – lain. Pada umunya layanan ini bias di siakss via web (http( dan (ftp) serta telah dioptimalkan untuk melayani banyak pengguna tau ruang simpan pengguna tunggal.
Sebagai pengguna internet, kadangkala secara tidak sadar sangta terbantu dengan adanya file hosting provider saat kita mencari beberapa informasi yang dibutuhkan. File – file tresebut tersimpan dalam file hosting, sehingga memudahkan pengguna untuk mengunduhnya baik secara gratis maupun berbayar.

Macam – Macam Provider File Hosting Gratis di Internet
Manfaat yang bisa didapatkan dari file hosting ini yaitu sebagai tempat penyimpanan file-file yang berukuran besar, atau sebagai tempat memback up data-data penting kita

1. Box.net
Berdiri sejak 2005, Box.net menganut keyakinan bahwa semua orang harus bisa mengakses dan membagi konten mereka dari mana saja. Sejak awal dirilis, layanan yang berbasis di Palo Alto, California ini telah membantu lebih dari 3 juta individu, bisnis kecil, dan perusahaan yang masuk daftar Fortune 1000. Versi gratisannya menawarkan web-storage sampai 1 GB dan batas ukuran file yang di-upload sebesar 25 MB.

2. Megaupload
Website hosting satu-klik internasional yang dibesut oleh Megaupload Liminited, Hongkong ini tersedia dalam banyak bahasa. Versi gratisannya mengharuskan pengguna mendaftarkan diri (FreeTautan Membership) memberikan fasilitas ruang simpan online berikut file manager sampai dengan 200 GB, ukuran upload maksimum sampai dengan 2GB perfile, mengunduh sampai 20GB perhari dan menetapkan file kadaluarsa setelah 2 tahun.

3. Rapidshare
Hadir sejak 2006, kepopulersan Rapidshare tidak perlu dipertanyakan lagi, ia merupakan homepage ke 12 yang paling banyak dikunjungi orang diseluruh dunia. Tak heran jika jutaan file yang tersimpan di servernya. Khusus para pengguna versi gratisan, Rapidshare memperbolehkan mengupload file sampai dengan 200MB dengan bandwith 500kbps.

4. Ziddu.com
Untuk File Hosting yang satu ini pengguna bisa mendapatkan penghasilan darinya dengan ketentuan apabila ada orang lain mendownload File pengguna, maka pengguna akan diberi imbalan berupa $ (Dollar), sejumlah 0.001 Dollar tiap orang mendownloadnya atau tiap IP unik. Untuk dapat menyimpan data di ziddu.com harus melakukan registrasi dahulu. Setelah proses registrasi pengguna selesai pengguna dapat segera menggunakan layanan penyimpanan data ini secara langsung dengan meng-upload file-file pengguna yang dapat barupa file foto atau gambar, audio, video dan lain2 dan ukuran file maksimum sekali upload adalah sebesar 100MB untuk single upload dan 200MB untuk Multiupload

5. Easy-share
TautanTidak seperti situs file hosting lainnya, easy-share membayar pengguna untuk file yang mereka upload. Jika file pengguna diupload sampai 10.000 kali, pengguna akan mendapatkan 20 dollar. Bila berhasil mengajak orang lain bergabung pengguna akan mendapatkan 10% dari komisi yang mereka peroleh.

6.Badongo
File Hosting bernama lucu ini membolehkan pengguna tidak mendaftarkan diri tapi tetap dapat menikmati fitur upload file sampai 4,8GB sehari, sedangkan jika melakukan register tetap dengan status gratis, pengguna dibolehkan meng-upload hingga 12GB dalam satu hari, tapi setiap file yang diupload tidak boleh berukuran lebih dari 1GB. Yang menarik, setelah mendaftarkan diri pengguna akan diberi akun yang dapat dipakai untuk menyimpan semua file serta membuat album dari foto-foto yang ditaruh di file hosting ini.

7. FileSave.me
Pengguna bisa berbagi musik, film,gambar, dokumen, atau file apa saja dengan mudah. Pun pengguna bisa me-Link file2 tersebut dari halaman MySpace, Facebook dan Bebo pengguna atau memposting link di halaman blog atau forum atau ya manfaatkan saja sebagai ruang simpan pribadi. Jika malas mendaftarkan diri, pengguna bisa menikmati ruang disk kosong sebesar 1GB dan kesempatan meng-upload sampai 1GB per file.

8. Scribd.com
File hosting yang mengkhususkan menyimpan dokumn berupa text dalam format Microsoft word, MS. Power Point, Plain text, dan juga PDF. Pengguna bias mengatur file-file mana sajakah yang bias dibagi atau disimpan dalam bentuk privat.
Masih banyak lagi beberapa file hosting provider yang gratis di internet. Dengan adanya layanan ini memudahkan untjk setiap individu menyimpan data atau arsip secara online, sehigga hal ini dapat memudahkan kita untuk mengaksesnya diamanapun dan kapanpun.

Contoh Penggunaan File Hosting
Dibawah ini adalah contoh penggunaan file hosting gratis di internet yang penulis miliki secara gratis dibeberapa file hosting provider seperti di http://www.4shared.com/account/dir/QViO15eD/sharing.html?rnd=58 dan http://www.scribd.com/doc/23667228/abtract-jadiy.



Gambar 1. Pengelolaan fil hosting di www.4shared.com


Gambar 2. Pengelolaan fil hosting di www.scribd.com

Kesimpulan
1. Dari karya tulis ini dapat disimpulkan bahwa sadar akan pentingnya arsip harus dimulai dari tiap-tiap individu.
2. Kemajuan teknologi dengan adanya media internet harus dalam mengelola arsip agar arsip dapat mudah diakses dimanapun dan kapanpun dengan system keamanan yang tidak diragukan.

Daftar Pustaka
Amsyah Zulkifli. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1991
http://202.158.49.149/14092003/TrenAlatKantor/. Diakses tgl 4 April 2008
http://www.anri.go.id/web/index.php. Arsip Nasional republic Indonesia, Diakses 2 April 2008 http://www.archives.gov/. The National Archives and Records administration. Diakses 7 April 2008 http://www.naa.gov.au/. National Archives of Australia. Diakses 7 April 2008. Sulistyo-Basuki. Manajemen Arsip Dinamis:Pengantar memahami dan mengelola informasi dan dokumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003
http://ritasyafei.staff.ipb.ac.id/2010/04/
http://coffeebreak66.blogspot.com/2010/03/7-situs-file-hosting-gratis-terbaik_4291.html


"essay ini diikutkan pada lomba kearsipan 2010 kategori umum di jawa timur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi siapapun yang mau berdiskusi, silahkan berikan kometar...