Selamat datang temans, silahkan pilih menu yang kalian sukai, jangan lupa baca Bismillah ya ^_^

Apeman ing Jatinom - Klaten


Kajian yang menarik dari teman-teman CRCS UGM mengenai ritual apeman. kalian tahu apa apeman? bagi masyarakat jawa ritual ini bukan suatu hal yang baru, ritual ini sudah dilakukan sejak dulu, tepatnya saat Kiai Ageng Gribig pulang dari Mekah, menunaikan ibadah haji.
Study yang mereka lakukan membahas berbagai macam hal terkait ritual apeman, diantaranya apa makna dan latar belakang ritual apeman, siapa yang pertama kali membawa ritual ini, kajian deskriptif dari berbagai sudut pandang seperti s0sial,budaya, dan juga agama. Hanya berangkat dari sebuah ritual dapat menghasilkan berbagai macam temuan ilmiah yang ikut serta memperkaya dunia riset dan literature di indonesia.
Dari beberapa k0nsentrasi pengamatan, yang dimulai dengan study kata Apeman itu dipakai, hasilnya menunjukkan bahwa Apeman berasal dari bahasa arab Afuwan yang memiliki makna pengampunan. Oleh karenanya sebagian besar penduduk yang mengikuti ritual ini sebagai upaya memohon ampun atau ritual ngalap berkah. Namun banyak juga pendatang yang mengikuti ritual hanya ikut serta meramaikannya. pun demikian masyarakat yang memanfaatkan moment ini untuk berdagang atau menjual jasa penitipan kendaraan. adapun bagi pemerintah setempat, memaknai ritual ini sebagai aset budaya yang harus dipelihara, karena tidak sedikit justru pengunjung yang hadir berasal dari luar daerah.

t0 be c0ntinued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi siapapun yang mau berdiskusi, silahkan berikan kometar...